Selasa, 10 November 2015

Peningkatan Kapasitas Tim Analisis Kebutuhan Pelatihan

Peningkatan Kapasitas “Identifikasi Kebutuhan Pelatihan”
Identifikasi Kebutuhan Pelatihan merupakan salah satu langkah awal yang penting untuk dilakukan dalam rangka merencanakan suatu program pelatihan. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan program pelatihan dengan kebutuhan pasar kerja, sehingga lulusan dari program pelatihan tersebut diharapkan dapat mengisi lowongan-lowongan kerja yang tersedia. Identifikasi kebutuhan pelatihan juga diharapkan dapat memaksimalkan efisiensi biaya program pelatihan.
Kegiatan ini dilakukan oleh tim yang dibentuk secara khusus oleh pemimpin daerah. Tim tersebut dapat terdiri dari perwakilan unsur-unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah yang terkait, perwakilan industri/asosiasi industri dan perusahaan, akademisi, dan lain-lain. Tim ini akan bekerja bersama-sama memetakan kompetensi-kompetensi kerja yang dibutuhkan oleh pasar kerja di daerah setempat melalui serangkaian pendekatan, seperti analisis data sekunder, Focus Group Discusssion (FGD), dan sebagainya.
Melihat pentingnya kegiatan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan tersebut, Ditjen. Binalattas – Kementerian Ketenagakerjaan bersama dengan GIZ SED-TVET memfasilitasi Kabupaten/Kota yang menjadi mitra kerja dan telah memiliki dan/ dalam proses penyusunan Peraturan Daerah (Perda) Pelatihan Kerja dan Produktivitas untuk mendapatkan peningkatan kapasitas bagi calon anggota tim pengidentifikasi kebutuhan pelatihan di daerahnya.
Kegiatan peningkatan kapasitas tersebut dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 10 November 2015, dan dihadiri oleh calon anggota tim pengidentifikasi kebutuhan pelatihan dari Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, dan Kabupaten Sidoarjo. Narasumber dan fasilitator pada kegiatan ini adalah SesDitjen. Binalattas – Kementerian Ketenagakerjaan dan GIZ SED-TVET.



Peningkatan Kapasitas Tim Analisis Kebutuhan Pelatihan

Tidak ada komentar: